Posted by: Erna Tambunan | October 29, 2009

Facebook Dilarang Ditempat Kerja

Mark Zuckerberg nama pemuda penemu jejaring situs sosial Facebook. Ia telah menjadi seorang programmer sejak masih duduk di sekolah menengah. Pada tahun 2004, diusianya yang ke-24, ia meluncurkan situs jejaring sosial Facebook. Situs jaringan social Facebook langsung mendapat sambutan dari jutaan orang di dunia dan membuat jutaan orang keranjingan seakan terhipnotis betah berlama-lama hanya pada sebuah situs yaitu facebook. Sampai-sampai sebuah survey mengatakan bahwa netter beramai-ramai menggunakan Facebook, sampai mengalahkan kepopuleran situs jejaring sosial lainnya seperti MySpace, Twitter,Friendster,MultiplyMyspace, Youtube video, dan lain-lain. Bahkan penggemar chating yang biasanya menggunakan Yahoo Masanger, Google Talk, MSN (windows life masanger) mulai meninggalkannya dan beramai-ramai berada dalam satu jaringan situs social Facebook.

Tidak heran akibat boomingnya para netter pengguna facebook pada tahun 2008, Mark Zuckerberg dinobatkan oleh majalah Forbes sebagai salah satu bujangan terkaya di AS dengan kekayaan di atas kertas– 1,5 miliar dolar. Pada tahun yang sama, majalah Time memasukkan Mark Zuckerberg ke jajaran “orang-orang paling berpengaruh di dunia” untuk kategori saintis dan pemikir.

Apa Yang Menjadi Keunggulan Facebook?
1.Dapat Bertemu Teman-Teman Lama
Yang menjadikan facebook banyak digandrungi para netter adalah karena para netter bisa memukan teman-teman lama. Baik itu teman-teman, sewaktu berada di bangku Sekolah Dasar, teman-teman Sekolah Menengah Pertama dan Atas, teman Kuliah, mantan tetangga bahkan mantan pacar. Semua kawan kerabat lama kita yang sudah puluhan tahun tidak ada beritanya dapat kita bersenda gurau di facebook.
Sudah barang tentu semakin banyak orang yang semakin betah berlama-lama di depan computer atau dengan handphone. Apalagi banyak handphone sudah mulai menambahkan aplikasi facebook menjadi salah satu aplikasinya.

2. Menghilangkan Kesepian
Banyak orang berada di tempat ramai, tetapi merasa kesepian. Facebook sangat bermanfaat sekali mengurangi rasa sepi. Sehingga menjadikan hari-hari menjadi indah. Timbul rasa sepi, tinggal pencet tombol terhubung dengan facebook, secara langsung akan terhubung dengan teman-teman di seluruh dunia. Dengan leluasa bersenda guarau, tertawa-tawa kecil atau senyum-senyum sendiri didepan computer atapun di depan handphone.

3. Membuat Orang Sabar Antri
Dengan adanya handphone menambahkan aplikasi facebook ke handphone, membuat orang sabar berlama-lama antri tanpa ingin buru-buru menyelak orang yang sudah lebih dahulu antri.
Saat antri untuk menghilangkan rasa bosan, ada yang mulai menuliskan di update statusnya dengan tulisan “sedang antri nih……”! Serta merta teman-temannya yang berada di sebrang lautan akan membalas “antri..dimana…..?”, “..kacian deh….” Atau macam-macam tulisan lucu yang dituliskan.

4. Teman Saat Tidak Bisa Tidur
Para Insomian, merasa sangat bahagia. Karena pada saat malam hari mereka tidak bisa tidur, dengan adanya facebook, mereka bisa berceritra dengan teman-teman mereka disebrang pulau atau sebrang samudra.

5. Ajang Promosi Bisnis
Banyak orang memanfaatkan situs jejaring facebook sebagai marketing atau tempat untuk berpromosi. Tidak sedikit orang meraih keberhasilan bisnis atau bantuan jejaring situs ini.
Sebagai contoh misalnya ada seorang penjual baju distro atau pengusaha telur bebek, dan mempunyai account di Facebook dan kemudian menceritakan tentang produknya. Pertama-tama kepada teman-teman yang menjadi networknya kemudian berkembang makin besar, karena adanya teman atau orang yang ada dalam Network atau jaringan sehingga tertarik untuk membeli.

Dampak Facebook Bagi Para Penggunanya

1.Mengganggu Kwalitas Kerja
Dave Willmer, Direktur Pelaksana Robert Half Technology, mengatakan, “penggunaan situs jejaring sosial dapat mengalihkan perhatian karyawan dari prioritas yang lebih mendesak, sehingga bisa dimengerti kalau banyak perusahaan yang membatasi akses”

Studi yang dilakukan oleh tim dari Robert Half Technology menemukan bahwa hanya 10 persen saja dari 1400 kepala bagian IT perusahaan di AS yang diwawancarai yang mengaku mengizinkan karyawan mengakses social media secara bebas tanpa batas selama jam kerja.

Lebih jauh survei mengungkapkan bahwa 54% perusahaan melarang karyawannya menggunakan situs-situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn dan MySpace di tempat kerja. Selebihnya, 19% perusahaan AS mengizinkan jejaring sosial hanya untuk tujuan bisnis, dan 16% memperbolehkan untuk penggunaan pribadi namun secara terbatas.

“Penggunaan situs jejaring sosial dapat mengalihkan perhatian karyawan dari prioritas yang lebih mendesak, sehingga bisa dimengerti kalau banyak perusahaan yang membatasi akses,” ujar Direktur Robert Half Technology Dave Willmer.

2. Mengganggu Produktifitas Kerja

Lebih dari separuh perusahaan AS tak mengizinkan pegawainya membuka jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, atau Twitter, sewaktu mereka bekerja, demikian hasil satu survei terbaru.

Sebanyak 54 persen kepala petugas penerangan (CIO) bagi 1.400 perusahaan yang disurvei di seluruh Amerika Serikat mengatakan, pekerja “dilarang sama sekali” mengunjungi jejaring sosial sewaktu mereka bekerja.

Nucleus Research, sebuah perusahaan riset TI, pada Juli lalu melaporkan hasil penelitiannya yang mengungkapkan bahwa produktivitas karyawan turun 1,5% di perusahaan-perusahaan yang memungkinkan akses penuh ke Facebook di tempat kerja.
Menurut survei itu, 77% karyawan memiliki akun Facebook dan menggunakannya pada jam kerja.

Dalam surveinya Nucleus menemukan beberapa karyawan menggunakan situs jejaring sosial sebanyak dua jam sehari di tempat kerja. Dan, dari orang-orang yang menggunakan
Facebook di tempat kerja, 87% mengatakan tidak punya alasan bisnis yang jelas untuk mengakses jejaring itu.

3. Mengganggu Konsentrasi Kerja Karyawan

Di Montenegro kantor-kantor pemerintah sudah mulai memblokir akses ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Myspace, Multiply, Friendster atau video YouTube dan situs jejaring social lanilla, karena dianggap mengancam konsentrasi para pegawai kantor.
Larangan tersebut tidak menghentikan karyawan dalam berfacebook, karena hasil traffic tetap besar situs facebook ketika digenerate di tengah jam kerja.

Majalah PC Magazine, Jumat pada tanggal 19/12/2008 dilaporkan oleh detikNet mengeluarkan aturan “Untuk itu, selama jam kerja, kami menutup akses ke situs-situs yang men-generate trafik yang besar dan berpotensi terserang program jahat,”
Dengan dikeluarkannya peraturan tersebut banyak yang kaget dengan peraturan baru itu, sehingga ketika ingin mencoba membuka Facebook dari komputernya, hanya terpampang pesan penolakan akses di layar. Kasihan sekali.

Bagaimana dengan kamu? Apakah situs jejaring pertemanan facebook memiliki arti bagimu? Hanya kamu sendiri yang dapat menjawab. Namun yang pasti situs jaringan facebook membuat hari indah lebih indah. Apabila digunakan ditempat yang tepat.
Keseriusan dalam bekerja akan menurun dan banyak yang akan terbengkalai, apabila digunakan di kantor atau di tempat kerja pada jam kerja. Apabila situs pertemanan yang sangat membuat hari-hari ceria digunakan pada saat istirahat sangat baik dan dianjurkan.
Pada prinsipnya segala sesuatu yang digunakan pada saat yang tepat, tempat yang tepat, sangat dipastikan tidak akan ada pihak-pihak yang akan dirugikan.
Mari teman, kita tanya hati kita sudahkah saya menggunakannya pada saat yang tepat, waktu yang tepat, tempat yang tepat? Jawab sendiri sesuai dengan keimanan masing-masing. Yang pasti facebook membuat hari inah lebih indah.
Selamat bergembira ria di situs jejaring facebook. Thanks Mark Zuckerberg, atas penemuannya!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: