KUALA LUMPUR-BUTTERWORTH-PENANG

KUALA LUMPUR-BUTTERWORTH-PENANG

Naik Kereta Api malam dari Kuala Lumpur, wah cukup menyenangkan. Bayangkan kita bisa tidur sepanjang malam kayak di rumah sendiri. Oh, yach tiket kereta api bisa diakses lewat website KTM, dan kita juga bisa booking langsung lewat email. Jadi, pas hari kita mau berangkat tinggal ambil dan bayar tiketnya di counternya. Oh, yach tempat pembelian tiket di KL Sentral.

Perjalanan liburan kami kali ini sengaja kami pilih naik kereta malam, dengan alasan pertama, bawa orang tua alias mertua gue yang sudah umur 77 tahun dan 74 tahun. Alasan kedua,  ini yang paling penting, lumayan khan, ngirit penginapan satu malam. Haaaaa.. Sebenarnya dari Kuala Lumpur banyak Bus menuju Penang dan waktunya lebih cepat dan langsung turun tidak jauh dari Komtar. Waktunya cuma 7-8 jam dari KL ke Penang. Bus kita bisa dapatkan di Stasiun Puduraya.

Family Travelling kami pada Desember 2006, sengaja kami naik Bus dari Kuala Lumpur menuju Penang. Karena, kebetuan kami menginap di Hotel daerah China Town, jadi tidak jauh dari hotel, adalah tempat pemberhentian bus antar kota. Pagi-pagi biasanya mereka sudah “berteriak-teriak” menawarkan tujuan-tujuan bis yang siap berangkat.

Kalau masih pagi dibawah jam delapanan, tidak usah masuk ke Stasiun Puduraya, tapi tunggu saja di jalan besar, sebelum masuk ke stasiun, disana banyak sekali bis yang nangkring siap berangkat, ke berbagai tujuan. Soalnya kalau sampai ke stasiun, bus akan berangkat kalau sudah penuh. Tapi saran saya kalau bawa rombongan lebih dari empat orang mendingan masuk ke stasiun Puduraya.

Naik kerata api malam dari KL Sental jam 8.45 malam dan tiba di Butterworth jam 5.30 pagi. Lebih lama bukan? Keretanya dikit-dikit berhenti. Makanya lebih lama. Tapi namanya tidur malam, kagak kerasa bo’. Tiba-tiba saja sudah pagi dan siap-siap harus turun. Karena kereta api tersebut akan terus ke Hat Yai, Thailand. Untuk Hat Yai, nanti aku akan cerita selanjutnya. Sampai di Butterworth, tidak perlu naik taxi, karena naik fery untuk penyeberangan hanya memakan waktu 15 menit doang. Dan satu orang hanya RM.1.7.

Kalau naik taxi mereka akan tawarkan satu Cab, mereka menamakan taxi mereka, dan harganya lumayan lho satu taxi RM.50, coba, jauh khan perbedaanya. Sesampai di sebrang, jalan dikit baru deh naik taxi, itu sudah Penang. Harganya tergantung tujuan. Tetapi naik taxi di Penang, nga perlu khawatir, karena mereka sudah punya tarif untuk jauh dekat dan tujuan-tujuannya. Taxi disana kebanyakan tidak pake argo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: