Posted by: Erna Tambunan | March 5, 2008

Kasih Sejati

Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, Filipi 1 :9,10

Kasih tanpa pengertian bukanlah benar-benar kasih; kasih seperti itu malah mendatangkan lebih banyak keburukan ketimbang kebaikan. Orangtua yang memperlihatkan kasih kepada anak-anaknya dengan terlalu memanjakan mereka dan menolak untuk mendisiplinkan mereka malah akan menyakiti mereka dalam jangka panjang.

Orang yang meminta kekasihnya untuk membuktikan kasihnya dengan bermain seks bukanlah mengasihinya; ia hanya memanfaatkan kekasihnya. Seseorang yang berbohong untuk memelihara suatu persahabatan bukanlah bersikap sebagai sahabat sejati Alangkah tragisnya menyakiti orang-orang yang Anda kasihi gara-gara Anda tidak memiliki hikmat untuk memperlakukan mereka sebagaimana mestinya.

Kasih itu haruslah berpengertian, karena kasih itu selalu mencari yang terbaik untuk orang lain. Jika Anda meminta kepada-Nya, Allah akan menolong Anda bagaimana caranya mengasihi orang lain. Ia akan memberitahu Anda kapan harus bersikap lembut dengan seseorang dan kapan bersikap tegas. Roh Kudus akan menolong Anda mengetahui kapan Anda harus melibatkan diri dalam persoalan seseorang dan kapan Anda harus menyerahkan mereka kepada Allah. Ia akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya memberi tanpa mengharapkan balasan.

Untuk Anda, seharusnya Anda berupaya agar tidak bercacat dalam semua hubungan Anda. Ini artinya Anda harus menjaga pikiran Anda, kata-kata Anda, dan perbuatan-perbuatan Anda, untuk memastikan Anda benar-benar memperhatikan kepentingan orang lain dalam hati Anda. Ketika Anda mengasihi orang lain seperti ini, Anda akan mengasihi seperti Kristus mengasihi. Periksalah hubungan-hubungan Anda yang sekarang ini.

Apakah selama ini Anda memperlakukan orang dengan ksih yang berasal dari Allah? Mintalah agar Allah mengajar Anda bagaiana mengasihi orang dengan pengertian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: