Posted by: Erna Tambunan | April 23, 2008

Berlibur Murah di Bangkok

Berlayar di Sungai Chao Phraya

Berlibur ke luar negeri identik kita harus menyediakan atau harus membawa uang dolar yang banyak.  Apakah begitu?  Jawabnya tidak.  Sebelum berangkat, jangan lupa tentukan dahulu tempat-tempat tujuan yang akan kita kunjungi untuk memudahkan kita dalam perjalanan.  Mendapatkan informasi melalui buku panduan wisata, internet ataupu dari teman-teman yang sudah lebih dahulu berangkat ke tempat yang akan kita tuju, akan sangat membantu.

Kunjungan kami di Bangkok , kami putuskan untuk mengunjungi sungai Chao Phraya, yang sangat terkenal sebagai alat transportasi sungai, yang pernah mau ditiru oleh bangsa kita.  Sungai yang bersih dan nyaris tanpa ada sampah disepanjang sungai dan sepanjang pemberhentian halte pemberhentian membuat hati bedecak kagum.  Koq, bisa yach sungai yang panjangnya sekitar 372 kilometer ini sangat terawat dan tidak berbau.

Sungai Chao Phraya atau “Menam Chao Phraya” merupakan  sungai terpanjang dan terpenting di negara Thailand.  Sungai Chao Phraya, mengalir dari utara Thailand menuju ke Teluk Thailand (Teluk Siam) di selatan dengan panjang  372 kilometer.  Sungai Chao Phraya membentuk Lembah Chao Phraya atau ‘Basin Chao Phraya’.  Mengapa Bangkok pesat membangun? Hal ini disebakan oleh karana adanya sungai terpanjang di Thailand.

Kurang lebih 8.1 juta orangpenduduk kota Banngkok,  amat sangat  bergantung hidup kepada sungai ini.

Sungai Chao Phraya, merupakan salah satu yang aptut dikunjungi di Bangkok.  Kita bisa naik dari pelabuhan (pier) Sathorn di dekat stasiun BTS Saphan Taksin.  Berwisata menaiki perahu di sepanjang sungai Chao Phraya, hanya dengan membayar 100 bath (Rp.3000-,) sekali naik,  kita bisa melewati tempat-tempat wisata terkenal seperti Wat Arun (Temple of Dawn), Chinatown, dan Grand Palace dan sebagainya

Apabila memiliki dana lebih, tidak seperti kami yang hanya dana “pas-pasan”, bisa memilih Chao Phraya Tourist Boat. Dengan paket tour ini, sudh termasuk pemandu wisata dan buku panduan.

Ada juga lho restoran diatas kapal.  Sambil kapal berjalan perlahan mengarungi sepanjang sungai Chao Phraya, bisa menikmati makanan khas Thailand yang luar biasa enaknya.  Biasanya hotel-hotel mewah disepanjang sungai Chao Phraya menyediakan acara santap malam romantis diatas kapal. Romantis banget deh, saat malam, diterangi lampu-lampu yang ada di sepanjang aliran sungai dan kerlip bintang di langit, dan bulan yang malu-malu bersinar, menikmati makan malam di atas perahu.

Di Bangkok, tersedia banyak tur ke kanal-kanal tua Bangkok, menyaksikan kapal kerajaan (Royal Barge Museum), kehidupan kuno penduduk Bangkok seperti di abad 19, atau ke kebun durian (Bang Rak Noi Agricultural Centre melalui Klong Om Non).

Bagi yang  mau berjalan-jalan atau berwisata terutama turis, disarankan membeli tiket yang berlaku sepanjang hari.  Untuk salah satu trik murah dalam  berlibur.  Harus bijak agar hemat, tapi enjoy. Pos terujung adalah tepat disamping pemberhentian BTS Skytrain di Saphan Taksin, dari situ bisa meneruskan perjalanan lagi ke tempat lain.

Tapi, kami untunglah ada kenalan, Alex namanya yang bersedia menjadi pemandu wisata kami selama kami mengadakan “Family Budget Holiday”.


Responses

  1. Mbak erna, thx infonya sgt membantu..
    kalo bole saya tau pas di bangkok tinggal dimana ya?
    Saya juga mau kesana bareng keluraga dgn low budget.
    bole ga mbak share ke saya tips supaya hemat di sana dan perincian pengeluaran yg pasti selaen tiket pesawat.
    apa masih dikenakan airport tax di bangkok. trims


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: