BUDGET HOLIDAY

BUTTERWORTH

Butterworth adalah pintu keluar masuk menuju Penang, selain Bandara. Kalau kita naik kereta api dari Kuala Lumpur atau kereta api dari Bangkok, di Butterworth-lah kita berhenti sebelum meneruskan perjalanan menuju Penang atau Pulau Pinang.

Naik kereta Api dari dari Kuala Lumpur, yang kami naiki kereta api malam memakan waktu hampir sembilan jam lebih lama dari pada naik bis dari Kulaa Lumpur.  Naik bis dari Kuala Lumpur dari Stasiun Puduraya hanya memakan waktu 7-8 jama perjalanan.  Sengaja kami naik bis dari Kuala Lumpur untuk merasakan enak dan nyamannya perjalanan malam.  Naik kereta api malam percis kaya di rumah sendiri.

Dari Kuala Lumpur jam 8.30 malam sampai di Butterworth jam 5.30 pagi.  Dan sepanjang jalan kita dpat tidur nyenyak karena kita tidur percis seperti ditempat tidur kita di rumah.  Nyaman sekali sekaligus ngirit biaya hotel semalam.  Namanya juga jalan-jalan.  Selalu pake “pahe”, paket hemat!

Di Butterworth, banyak sekali menjual makanan “produk china”.  Ada juga jam-jam, pharfum atau aneka macam yang biasanya dijajakan di daerah pelabuhan-pelabuhan.

Komunitas China, adalah yang terbanyak tinggal di daerah ini. Dari Butterworth ke Penang naik fery kita harus membayara, tetapi dari Penang, ke Butterworth naik fery tidak bayar. Ngak tau kenapa? Gue, tanya sama orang yang duduk sebelah gue, dia bilang memang sudah begitu sejak dulu. Jadi masuk bayar keluar greton alis gratis. Sampai detik ini gue bertanya.  Tai belum ada jawaban, marilah “kita bertanya pada rumput yang bergoyang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: